Beranda » Uncategorized » TATA TERTIB UJI KOMPETENSI DI LKP KARISMA GUNUNG KIDUL

TATA TERTIB UJI KOMPETENSI DI LKP KARISMA GUNUNG KIDUL

Keberhasilan Pelaksanaan Uji Kompetensi CLCP sangat ditentukan oleh prosedur operasional baku. Selama Prosedur tersebut dipegang dan dijadikan pegangan dalam pelaksanaan maka semuanya akan berjalan lancar dan tetap terjaga mutunya. Hal yang senantiasa dibacakan dihadapan para peserta Uji Kompetensi adalah Tata Tertib. Mungkin hal ini dianggap sepele. Tetapi hal yang sepele inilah yang justru menjadi kunci komitmen yang harus dipatuhi bersama selama pelaksanaan Ujian. Kalau diibaratkan naik Pesawat Terbang. Hal yang sama yang senantiasa dibaca oleh para awak pesawat adalah prosedur penerbangan. Mulai dari cara duduk, mengenakan sabuk pengaman. Menonaktifkan alat komunikasi. Cara memakai baju pelampung dan sebagainya.

Dalam Uji Kompetensi CLCP, tata tertibpun dibacakan oleh Pengawas. Kalau pesertanya mengambil Paket CLCP penuh (WP, SS dan PP), maka Tata Tertibpun dibacakan pada setiap Materi Ujian yang baru.

TATA TERTIB PELAKSANAAN UJI KOMPETENSI TIK

A. TAHAP PERSIAPAN (SEBELUM MEMASUKI RUANG UJIAN)

  1. Peserta UK‐TIK disarankan sudah hadir di lokasi TUK‐TIK 30 menit sebelum Jadwal UKTIK dimulai.
  2. Ruang ujian akan dibuka 15 menit sebelum Jadwal UK‐TIK dimulai, dimana Peserta UKTIK diberi kesempatan untuk memeriksa unit komputer yang akan digunakannya.
  3. Peserta UK‐TIK yang datang terlambat tidak mendapat perpanjangan waktu termasuk kesempatan untuk memeriksa unit komputer yang digunakan.
  4. Peserta UK‐TIK yang datang terlambat lebih dari 15 menit setelah waktu ujian dimulai tidak diperkenankan mengikuti UK‐TIK dan dianggap gugur atau mengundurkan diri tanpa penggantian hak UK‐TIK apapun.
  5. Peserta UK‐TIK wajib membawa Kartu Peserta UK‐TIK yang dikeluarkan oleh TUK‐TIK. Tanpa menunjukkan Kartu Peserta UK‐TIK maka tidak diijinkan memasuki ruang ujian.
  6. Peserta UK‐TIK wajib berpakaian rapi dan memakai sepatu atau disarankan memakai seragam LKP (tidak diperkenakan memakai kaos dan sandal).
  7. Peserta UK‐TIK dianjurkan telah menyiapkan kebutuhan pribadinya sebelum memasuki ruang ujian (makan, minum, obat, ke kamar kecil, dll).
  8. Peserta UK‐TIK dilarang meletakkan barang apapun di atas meja komputer (tas dan perlengkapan diletakkan di tempat yang disediakan di ruang ujian).

DSCN0027

B. TAHAP PELAKSANAAN UK‐TIK (SELAMA BERADA DI RUANG UJIAN)

  1. Peserta UK‐TIK wajib mematuhi instruksi dan pengaturan yang dilakukan oleh Pengawas UK‐TIK.
  2. Peserta UK‐TIK wajib menempati posisi meja sesuai Nomor Komputer yang telah ditentukan oleh TUK‐TIK dan meletakkan Kartu Peserta UK‐TIK di atas meja.
  3. Peserta UK‐TIK tidak diperkenakan berpindah tempat tanpa seijin Pengawas UK‐TIK dengan alasan yang tepat, misalnya kerusakan perangkat/program di komputer
  4. Peserta UK‐TIK wajib mengerjakan ujian sendiri tanpa melakukan tindak kecurangan misalnya saling menyontek, kerjasama, mengobrol, mengganggu peserta UK‐TIK lainnya.
  5. Peserta UK‐TIK wajib menandatangani Daftar Kehadiran UK‐TIK yang tersedia dengan benar. Kelalaian menandatangani Daftar Kehadiran UK‐TIK dapat menyebabkan dianggap tidak hadir dan Hasil Pekerjaan UK‐TIK nya dianggap batal.
  6. Jika terjadi gangguan atau masalah dengan komputer yang digunakan, Peserta UK‐TIK diharapkan melaporkan atau memberitahukan sesuatu kepada Pengawas UK‐TIK dengan cara mengangkat tangannya ke atas (tidak diperkenankan memanggil atau berteriak).
  7. Tidak ada tanya jawab atas soal yang sedang dikerjakan Peserta UK‐TIK kepada siapapun, termasuk kepada Pengawas UK‐TIK.
  8. Peserta UK‐TIK dilarang keluar masuk ruang ujian selama UK‐TIK berlangsung dengan alasan apapun. Jika Peserta UK‐TIK sakit maka diijinkan keluar ruang ujian dan Peserta UK‐TIK dinyatakan gugur/di‐diskualifikasi.
  9. Bagi Peserta UK‐TIK yang sudah selesai mengerjakan ujiannya sebelum batas waktu ujian selesai, dapat mematikan komputernya namun tidak diperkenankan keluar ruang ujian terlebih dahulu. Selama tetap berada di ruang ujian Peserta UK‐TIK diwajibkan menjaga ketenangan suasana dan tidak mengerjakan hal‐hal lainnya yang mengganggu peserta lainnya.
  10. Peserta UK‐TIK diharapkan memperhatikan peringatan sisa waktu yang diberikan oleh SISKOMTIK atau Pengawas UK‐TIK. Kelalaian menyimpan hasil pekerjaan dengan namafile sesuai petunjuk soal atau meletakkan bukan di folder penyimpanan yang ditentukan (nama folder dan lokasi folder berbeda) akan mengakibatkan Hasil Pekerjaan dianggap tidak ada dan penilaian dianggal Nol (tidak lulus).
  11. 11. Peserta UK‐TIK segera meninggalkan ruang ujian apabila waktu ujian sudah dinyatakan berakhir. Jangan lupa semua pekerjaan telah dilakukan penyimpanan sesuai petunjuk soal.
  12. Peserta UK‐TIK tidak diperkenankan membawa atau mengambil Naskah Soal UK‐TIK. Naskah Soal UK‐TIK diserahkan sendiri satu persatu ke Pengawas UK‐TIK untuk dapat keluar ruang ujian. Naskah Soal yang diletakkan di atas meja dan hilang, maka Hasil Pekerjaan UK‐TIK dinyatakan gugur atau di‐diskualifikasi.
  13. Peserta UK‐TIK yang tidak mematuhi Tata Tertib ini atau peringatan dari Pengawas UKTIK dapat dikenakan sanksi berupa pen‐diskualifikasi‐an UK‐TIK tanpa penggantian hak UK‐TIK apapun.
  14. Selamat bekerja sendiri‐sendiri dengan tenang dan penuh percaya diri. Mulailah dengan doa kepada Yang Maha Kuasa untuk ketenangan dan kelancaran UK‐TIK ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: