Beranda » Uncategorized » 11-Desember 2012-GILIRAN KABUPATEN BANTUL SOSLOK AKREDITASI BANPNF

11-Desember 2012-GILIRAN KABUPATEN BANTUL SOSLOK AKREDITASI BANPNF

Pendidikan kita ini diibaratkan orang lari maraton. Itu kiasan yang disampaikan Bapak Kasman Kasie Pendidikan Non Formal dan Informal Kabupaten Bantul, PADA ACARA PEMBUKAAN SOSLOK AKREDITASI BANPNF Selasa 11 Desember 2012.  Lebih lanjut dijelaskan bahwa kalau orang mau lari maraton yang notabene lari dalam jarak jauh, maka perlu persiapan dan strategi yang matang. Di awal harus stabil dan ancang-ancang untuk menghadapi menjelang ending. Ketika hampir menuju finish harus ditambah energi ektra supaya dapat menyelesaikan finish dengan baik. DI negera kita, rata-rata power dihabiskan di awal, dan menjelang akhirnya sudah kehabisan daya untuk menyelesaikannya.

Peserta Soslok di Kab. Bantul

Peserta Soslok di Kab. Bantul

Mahmudin, Mpd dalam pengantarnya menyampaikan bahwa hal yang paling utama untuk dapat mengikuti Proses Akreditasi ini adalah Niat. Artinya tanpa didasari niat untuk mengikuti dan mengembangkan Mutu Lembaga PNF, maka proses akreditasi tidak dapat dilaksanakan dengan baik.

SEMC 3MP DSC

Sementara itu Jais Susilo bersama Kis Rahayu menyampaikan teknik pengisian instrumen. Lebih lanjut, untuk dapat mengisi instrumen dengan baik, para peserta mesti memegang minimal 3 kunci yakni : 1. Pedoman Akreditasi,  2. Pedoman Pengisian Instrumen dan 3. Instrumennya sendiri.

Ada beberapa karakter isian instrumen yakni bersifat terbuka, bersifat tertutup yang yang paling penting mesti harus ada bukti dalam bentuk lampiran.

Soslok Akreditasi di Kabupaten Bantul  diikuti 60 orang peserta dan terselenggara, atas kerja sama Dinas Pendidikan Kabupaten Bantul dengan PAH BANPNF Provinsi DIY dan didukung oleh DPC HIPKI, Forum PKBM dan Forum PAUD.

Berbeda dengan daerah lain, Kali ini banyak diantara peserta yang menanyakan Instrumen  Akreditasi, dimana dalam lembaga mereka terdapat Program yang belum ada instrumennya. Sebagai contoh yang diungkapkan oleh Ibu Eny Esita Kolopaking. Program yang diselenggarakan adalah Broadcasting. Kemudian ada yang menanyakan Bahasa Korea. Artinya BANPNF harus segera memberi solusi, apakah lembaga-lembaga yang punya program tertentu tetapi instrumennya belum ada, apakah boleh langsung mengajukan proses akreditasi lembaga ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: