Beranda » Uncategorized » DIKLAT CBT BAGI PENGURUS DAN ANGGOTA DPD HISPPI DIY

DIKLAT CBT BAGI PENGURUS DAN ANGGOTA DPD HISPPI DIY

A.  LATAR BELAKANG Sesuai dengan pasal 13 Undang‑undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003, jalur pendidikan itu dibagi menjadi pendidikan formal, non formal dan informal. Sedangkan pada pasal 8 disebutkan bahwa masyarakat berhak berperan serta dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi pendidikan. HISPPI PNF merupakan organisasi yang menghimpun para pendidik di seluruh Indonesia berusaha meningkatkan mutu para pendidik non formal, terutama di lingkungan kursus dengan mengadakan seminar, perlombaan, sosialisasi program pemerintah dan sebagainya. Untuk dapat melaksanakan program kegiatan ini diperlukan data sebagai dasar untuk membagi kegiatan yang terfokus (focus target) berdasarkan wilayah, pengalaman, pendidikan, status sehingga dapat tercapai sasaran yang tepat. Keterbatasan dana merupakan kendala yang paling besar sehingga HISPPI PNF harus menyeleksi program‑program yang tepat sasaran sesuai dengan dengan kemampuan pendanaan organisasi. Agar kegiatan ini dapat menunjang pendataan dan peningkatan “capacity building”, HISPPI PNF harus melakukan terlebih dahulu mengonsolidasi diri ke dalam baik di tingkat Propinsi maupun Kabupaten / Kota dengan melakukan komunikasi yang intens melalui pernbentukan DPC. Untuk mewujudkan tujuan mulia ini, kami bermaksud melaksanakan kegiatan “Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik melalui Diklat CBT (Competency Base Tarining ) bagi Pengurus dan Anggota DPD HISPPI Propinsi DIY”. Diklat CBT sangat penting bagi pengurus dan anggota HISPPI DIY mengingat :

  1. Lebih Memasyarakatkan Diklat CBT bagi pendidik kursus.
  2. Membiasakan pendidik menyusun CBT untuk setiap materi yang diajarkan.
  3. Membiasakan  pendidik menyusun materi ajar berdasarkan SKKNI atau SKL.

B. DASAR Landasan pelaksanaan pelatihan ini:

  1. Undang‑undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Undang‑undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah
  3. Undang‑undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
  4. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  5. Peraturan Mendiknas Nomor 8 Tahun 2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

C. TUJUAN 1.   Tujuan Umum Meningkatkan kualitas SDM bidang kependidikan yang mempunyai daya saing tinggi sehingga dapat bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

  1. Tujuan Khusus
    1. Peserta dapat mengetahui konsep CBT
    2. Peserta dapat membaca dan memahami SKKNI dari masing – masing unit Kompetensi.
    3. Peserta dapat menyusun Kriteria  Unjuk kerja berdasarkan SKKNI dari masing – masing Unit Kompetensi.

D. SASARAN

  1. Pengurus DPC se Kabupaten / Kota. se Propinsi DIY
  2. Pengurus DPD Propinsi DlY
  3. Anggota HISPPI Propinsi DlY

E. INDIKATOR KEBERHASILAN

  1. Tersebarluaskannya SKKNI untuk rumpun yang sudah ada di lingkungan PLS.
  2. Tersusunnya materi ajar  berdasarkan unit kompetensi yang sesuai dengan bidangnya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: